Monday 28 November 2011

Pengertian Sapujagat Dan Makna nya

Nama yang Memposting ini: Teten Taryana
Semoga apa yang aku postingkan bermanfaat buat anda semua.

PENGERTIAN
Apakah anda Pernah dengar apa itu Doa SapuJagat. Ditebak dari namanya doa sapu jagat ini merupakan doa keselamatan dunia dan akhirat. Doa sapu jagat ini bila anda amalkan banyak pahala dan InsyaAllah dilindungi dari malapetaka dan bahaya yang datang menghadang.
  
   MAKNA DO'A SAPUJAGAT
Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda — maknanya kurang lebih demikian — bahwa kehidupan dunia ini laksana seseorang yang bepergian jauh dan dia beristirahat sebentar di bawah sebuah pohon untuk melepas lelah. Ketika lelahnya hilang, dia pun melanjutkan perjalanannya. Makna hadis tersebut adalah bahwa dunia tidak lebih dari masa sementara ketika musafir itu melepas penat. Adapaun perjalanan panjang musafir merupakan perlambang dari akhirat. Dunia sementara, akhirat abadi.
Sebagai muslim, kita berkeyakinan bahwa setelah kehidupan dunia ada kehidupan akhirat. Alam akhirat adalah alam pembalasan atas segala amal kita di dunia. Karena itu, tak pernah sirna dari benak kita harapan agar dapat hidup bahagia di dunia dan akhirat. Walaupun kebahagiaan akhirat itu lebih abadi dan lebih dicari, tetapi kita juga menghasratkan kebahagiaan di dunia. Jadi, ada kebahagiaan ganda yang kita inginkan.

     Doa ini menurut para ulama mencakup seluruh permintaan manusia. Karena itu dinamakan doa sapu jagad. Sebab, seluruh permohonan manusia pada hakikatnya tidak lepas dari kebahagiaan dunia dan akhirat.

    Salah satu doa yang paling sering beliau (Nabi Muhammad) baca dan hayati maknanya adalah: Rabbana atina fi al-dunya hasanah, wa fi al-akhirah hasanah wa qina ‘adzab al-nar (Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka)(Q.S. al-Baqarah [2]: 201)”. Doa ini bukan sekadar berarti permohonan untuk memperoleh kebajikan dunia dan kebajikan akhirat, tetapi lebih-lebih lagi bertujuan untuk memantapkan langkah dalam berupaya meraih kebajikan yang dimaksud, karena doa mengandung arti permohonan yang disertai usaha. Permohonan itu juga berarti upaya untuk menjadikan kebajikan dan kebahagiaan yang diperoleh dalam kehidupan dunia ini, tidak hanya terbatas dampaknya di dunia, tetapi berlanjut hingga hari kemudian kelak.

0 komentar:

kirim

Powered by Blogger.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Meunang Ngadesain Cep Teten | Orang Sunda Garut Tea